Senin, 19 Juli 2010

PENGANTAR REDAKSI

Memperingati 40 tahun tahun yang lalu tepatnya pada tanggal 4 Juli 1970, yaitu hari dimana para calon taruna Akademi Ilmu Pelayaran R.I. angkatan XV (eka panca) yang berada dikampus AIP Ancol Jln. Gunung Sahari mulai digodok dikawah Candradimuka pelaut
Indonesia.


Hari itu sungguh sangat mengenaskan, menakutkan, memuakkan dan berbagai macam perasaan yang serba tidak menyenangkan terjadi, tepatnya dimulai pada hari tersebut. Harga diri, kesombongan, kekuatan dan berbagai macam sifat individu, ”dihancurkan” dan disama ratakan menjadi “ teman senasib dan sepenanggungan”.


Seratus Calon Taruna (CATAR) yang ketika itu sedang tidur nyenyak di sport hall tiba-tiba dibangunkan dengan bunyi petasan diluar dan keributan beberapa orang Senior yang menyerbu masuk dan membangunkan kami dengan cara yang sangat tidak “sopan” dari mimpi yang enak. Kami dikumpulkan dilapangan diluar sport hall dan dibariskan sesuai dengan keinginan para Senior tersebut.


Sepuluh orang rekan calon taruna dari Malaysia pun mengalami hal yang sama tidak ada perbedaan entah macam mana perasaan mereka,jauh jauh menyeberang lautan untuk di”godok” ditempat yang mereka bayangkan mungkin tempat yang enak bersahabat dan menyenangkan dst, ternyata seperti ini.


Tidak ada korban yang berjatuhan akibat proses penggodokan tersebut, satu dua CATAR mengalami cedera dan pingsan akibat kelelahan itu sudah pasti akan terjadi.

Masa perpeloncoan, kami sebut pada waktu itu, berlangsung selama 14 hari, dilanjutkan dengan masa kewiraan, yaitu semacam latihan kemiliteran selama 3 bulan. Akhir dari proses ini ditutup dengan gerak jalan dari komplex KKO (Marinir) Cilandak dan berakhir di Komplex AIP Ancol.

Barulah setelah berakhirnya masa penggodokan ini kami memperoleh status sebagai Taruna, menanggalkan seragam militer hijau dan berganti memakai seragam abu abu dengan tanda pangkat (epolet ) kosong.


Pada waktu pelantikan dari CATAR menjadi Taruna para kerabat dan orang tua diperkenankan hadir dan menjumpai kami setelah “disekap” selama 3 bulan tanpa kontak .

Dalam masa pendidikan selama 4 tahun, termasuk 1 tahun masa proyek laut, dari jumlah 100 calon taruna yang dapat berhasil lolos sampai dengan pelantikan menjadi Perwira adalah sejumlah 70 orang.


Sahabat-sahabatku angkatan XV, demikian sekilas mengenang masa masa “indah” yang telah kita alami bersama 40 tahun yang lalu, kini kita sudah pada mencapai masa purna bhakti, setelah sekian tahun berbhakti pada institusinya masing masing. Namun janganlah berhenti ber bhakti dan berkarya selagi kesempatan hidup masih diberikan oleh ALLAH s.w.t.


Demikian sedikit pengantar bagi lembaran komunikasi sesama alumni AIP XV khususnya dan mungkin bagi rekan rekan alumni AIP yang lain, dengan harapan semoga tali persaudaraan ini dan komunikasi antar kita akan selalu terjalin secara rutin. Harapan saya, apabila ada informasi-informasi yang kurang akurat dalam penulisan ini mohon dapat dikoreksi, dan mohon maaf apabila ada tulisan ynag kurang berkenan.



Sekian terima kasih.

11 komentar:

  1. ya waktu itu ada yang merasa nyaman dan tidak ...karena sekolah sdh bayar mahal2 tapi digebukin yaaa yg kuat terus yg ga kuat mundur dan akhirnya sisa 70 tapi kalo kaya sidik cakra temen kita yg satu itu sampai sekarang cukup kasihan ..korban catar...kita harus kasih semangat biar sdh umur2 purnawirawan.
    harus tetap exis terus jgn pernah/merasa sele
    sai tugas kita...apalagi punya yunior yg harus
    diantar sampai gerbang ke successan...broo

    Capt. HarDug.

    BalasHapus
  2. Saya buka e mail kok ada masuk dari mas Awi, sy baru tahu ada sarana komunikasi rekan2 ekapanca, salam buat semua rekan,mas Awi banyak alumni ancolmarunda pasang foto angkatan di ancolpoint ,kapan foto kita (angk XV) nampang di FB. ancolpoint dan caaip_info
    maturnuwun.............starman_crb

    BalasHapus
  3. Mas Tarman dan kang Dagu,
    terima kasih masukannya.
    Ya dengan saling komunikasi ini kita bisa saling bantu teman2 yg memerlukan,seperti Sidik Abubakar (..jangan salah nulis HrDa,Sidik Cakra sdh almarhum..entar dikejar loe..)
    Ok mas tarman,nanti akan kita kirim dulu aja pertemuan kemarin ditempat Cholik.
    kalau ada foto2 waktu 3 Juli 2010,tolong kirim ke saya.
    Terima kasih..

    BalasHapus
  4. kalu ada rekan yang punya foto angkatan xv yang masih jadi penghuni ancol lebih baik itu yang dipajang jangan yang udah jadi aki2 kita disediakan kapling di mes ancolmarunda utk pasang foto

    BalasHapus
  5. MARHABAN YA RAMADHAN, REKAN -2 EKAPANCA, kami sekeluarga mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa mohon maaf lahir bathin dengan melaksanakan ibadah puasa semoga iman taqwa kita akan meningkat dan ibadah saum kita diterima oleh Allah Swt. Amiiiin ya Robbal Alamin, sutarman @ kel

    BalasHapus
  6. USUL: Apakah dapat difasilitasi untuk mengundang istri2 almarhum pada pertemuan yang akan datang di kediaman saya?
    Mungkin pada saat tersebut, kita juga dapat berpartisipasi memberikan tali kasih kepada mereka yang ditinggalkan.
    ..Menjaga Silaturahmi sekalian saling memaafkan.. Salam dari N/R ex goal keeper

    BalasHapus
  7. Selamat berpuasa rekan rekan X Five (XV),bagi yang menjalankan ibadah tersebut.Semoga kita akan berhasil menjalaninya dengan baik dan menjadi fitrah diakhir Ramadhan.

    Usul rekan NANANG "the Golden Goal keeper " saya sangat setuju,Redaksi akan berusaha menghubungi mereka.Tolong pastikan tanggal pertemuan berikutnya apakah sudah fix 3 Oktober 2010 ?

    Terima Bros atas semua perhatian dan komentarnya,yang llain pade kemana nih ??..
    mang Awi ..

    BalasHapus
  8. Mas Tarman, saya punya beberapa foto waktu masih tingkat satu di AIP tapi sebaiknya dikumpulkan dulu dari teman2 yg lain lalu yg terbaik kita pasang di STIP. Mungkin Mas Kliwon dapat memfasilitasinya.
    Untuk Mas Nanang saya setuju sekali dengan idenya, kalau dulu senasib di asrama maka masa kini harusnya juga saling membantu diantara keluarga EKA PANCA.
    Selamat menunaikan ibadah puasa bagi rekan2 yg menjalankannya.

    salam/Bambang Rahardjo

    BalasHapus
  9. Mas kliwon ada undangan dari Catos21 buka bersama Alumni Ancolmarunda hr. Jum'at tg.20 Agst di gd.Amkrindo mulai pk. 16.00 u/ lengkapnya buka http "caaip_info

    BalasHapus
  10. Mas Awi,
    Sementara tanggal 03 Oktober siap, tergantung rekan2 yang lain dan keluarga2 Almarhum

    BalasHapus
  11. Rekan-2 EkaPanca saya sekelurga mengucapkan : "Selamat Idul Fitri 1 Syawwal 1431H - Taqabbalallahu minna wa minkum - Mohon maaf lahir bathin.

    BalasHapus